Tips Manajemen Waktu bagi Pembudidaya

23 March 2017 - Kategori Blog

Tips Manajemen Waktu bagi Pembudidaya

Manajemen Waktu adalah hal penting yang tidak hanya berlaku untuk para pelaku bisnis korporasi atau pegawai kantoran saja, tetapi hal ini punya peran penting dalam kesuksesan di dunia pertanian juga. Berikut ini tips dari tim e-wak.com mengenai pengaturan perencanaan waktu anda hingga bekerja secara efektif. Dan berikut Tips Manajemen Waktu bagi Pembudidaya

TIPS MANAJEMEN WAKTU BAGI PEMBUDIDAYA

Manajemen Waktu: Kunci Sukses Pertanian

  • Buat Rancangan Kerja

Tips Manajemen Waktu bagi Pembudidaya yang pertama adalah Menjalankan Pertanian sama saja dengan memiliki sebuah bisnis kantoran, dan kesuksesan sebuah bisnis bermula dari perencanaan yang baik. Cobalah untuk memikirkan dan merenungkan tentang usaha Anda, sudah dimanakah Anda sekarang, apa target usaha dan goal usaha Anda ke depannya, dan bagaimana mencapainya. Jalanilah hari-hari dan tugas-tugas Anda dengan acuan/rancangan ini.

  • Tulis 4-5 Tugas Tambahan Anda

Tambahkan tugas harian diluar kewajiban kerja/tugas rutin pertanian Anda. Tugas-tugas ini bukanlah memberi pupuk, memberi makan ikan, ataupun membersihkan kandang. Anda bisa menambah tugas yang terkait pertanian Anda seperti: mengukur pertumbuhan hewan ternak (jam 11-1 siang), kemudian menservis mobil angkutan Anda (jam 2-4 sore), dan membersihkan dan menata alat kerja (jam 5-6 sore). Tuliskan daftar pekerjaan Anda di pagi hari, ketika pikiran Anda masih tenang. Janganlah menuliskan terlalu banyak pekerjaan tambahan dalam daftar Anda. Tujuannya adalah Anda menuntaskannya dan  menyusun kegiatan Anda sehingga Anda mempunyai sedikit waktu luang ataupun waktu untuk keadaan-keadaan darurat di masa akan datang. Jika Anda terbiasa melakukan hal ini, Anda justru akan siap dalam keadaaan darurat, dan malah memiliki waktu luang untuk keluarga. Menumpuk kerjaan bukanlah hal bijak dan tidak membawa Anda ke arah kesuksesan.

  • Atur Waktu dalam setiap Tugas

Perkirakan dan aturlah waktu pengerjaan dalam setiap tugas Anda. Ini akan membantu Anda untuk fokus memulai dan menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada dalam daftar harian Anda. Pikiran yang fokus dan teratur akan membantu Anda bekerja efektif dan membantu Anda mencapai target/gol.

  • Skala Prioritas

Buatlah skala prioritas dan letakkan tugas yang paling utama di urutan pertama daftar tugas Anda. Kenali dan atur beban kepentingan setiap tugas Anda. Apabila ada pekerjaan yang tidak tuntas di hari tersebut, maka tugas tersebut harus masuk di dalam daftar tugas hari berikutnya. Sebagai contoh, di peternakan lele, memberi makan ternak adalah hal utama, maka masukkan ini sebagai nomor satu dalam daftar Anda, namun membeli batere untuk senter dan plastik kemasan untuk jual bisa masuk ke urutan bawah di dalam daftar.

  • Rancang Kebutuhan Pribadi Harian Anda

Tuliskan pekerjaan skala pribadi yang harus Anda lakukan setiap hari, misalnya mengantar anak Anda ke sekolah, mengunjungi teman yang sakit, mengantar istri Anda ke tempat kerja, dan hal hal lain yang sifatnya personal/urusan pribadi. Mungkin akan terasa sulit melakukannya ketika tugas Anda sangatlah banyak di kebun/kolam Anda, tetapi hal ini merupakan hal penting dalam suksesnya bisnis Anda juga.

  • Terapkan Rencana, Lakukan, Tinjau Ulang

Bebarapa institusi seperti tentara dan lembaga riset atau perusahaan besar menerapkan Pengembangan Rancangan/ Rencana, kemudian tahapan Lakukan berdasarkan Rencana, dan meninjau kembali apakah hal yang Anda lakukan sesuai rencan dan apakah hasil yang didapat sudah sesuai dengan perencanaan awal?

  • Centang Semua Daftar Tugas dan Rancangan Anda

Di akhir hari, buka kembali catatan daftar tugas Anda dan centang semua daftar kerja. Rasakan kenikmatan dan kepuasan pribadi ketika Anda melihat daftar Anda sudah penuh tanda centang dan komplit di kolom “TUGAS SELESAI”.

  • Pengulangan dan Konsistensi

Lakukan hal-hal diatas setiap hari dengan semakin baik setiap harinya. Apapun yang terjadi, pastikan akan Anda melakukannya karena jika Anda konsisten dalam jangka panjang, maka perilaku manajemen waktu akan melekat pada pribadi Anda dan juga berpengaruh baik ke orang-orang yang bekerja di pertanian Anda.

 

Sebagai gambaran besarnya, jika Anda bisa konsisten melakukan 4 sampai 5 tugas tambahan diluar tugas rutin Anda, maka tanpa sadar, Anda telah melakukan sekitar 30 pekerjaan/tugas tambahan setiap minggunya; dengan kata lain ada 30 kesuksesan-kesuksesan kecil yang Anda raih. Kalikan 4 setiap bulannya dan kalikan 12 setiap tahunnya. Di akhir tahun, Anda telah menuntaskan 1.440 pekerjaan tambahan di luar tugas rutin Anda. Dengan demikian, bertumpuknya kesuksesan-kesuksesan kecil ini akan membuat kesuksesan Anda semakin besar, seiring berjalannya waktu.

 

,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter