Raih Sukses Memasarkan Panen Anda

21 March 2017 - Kategori Blog

Raih Sukses Memasarkan Panen Anda

Jika Anda menekuni dunia pertanian, maka artikel ini dapat membantu Anda untuk memasarkan hasil panen Anda. Mungkin banyak petani lain yang sudah Anda kenal bisa mendapatkan kesuksesan meskipun tanpa melakukan strategi dan perencanaan pemasaran. Namun dengan mengetahui dan mempelajarinya, Anda tidak perlu menunggu “faktor x” untuk datang kepada Anda. Perencanaan dan strategi pemasaran yang baik akan meningkatkan kemungkinan panen Anda laku di pasaran. Jika Anda tidak ingin menembus pasar yang begitu besar karena keterbatasan jumlah produksi, dengan strategi ini Anda bisa meningkatkan keuntungan secara efektif dengan jumlah produksi Anda dan me Raih Sukses Memasarkan Panen Anda.

Raih Sukses Memasarkan Panen Anda

Identifikasi Target Pembeli Produk Anda.

Ketahui dengan baik siapa calon pembeli yang Anda harapkan. Apakah itu ibu-ibu di pasar? Ataukah restoran yang jaraknya lebih dari 30 km dari lahan produksi Anda. Ini akan membuat Anda tahu apa saja yang harus Anda persiapkan. Pikirkan tentang standar calon pembeli produk Anda, apa yang mereka butuhkan dan inginkan? Ketika Anda mengetahuinya, Anda sudah membuka jalan untuk penjualan yang efektif.

Buatlah Nama untuk Pertanian Anda.

strategi kedua untuk me Raih Sukses Memasarkan Panen Anda adalah Berilah nama yang baik dan logo yang menarik untuk produk pertanian Anda, jika Anda belum memilikinya. Dengan begitu, Anda bisa mencantumkan nama dan logo pertanian Anda pada setiap hal yang berkaitan dengan pertanian Anda. Masyarakat umumnya akan mengidentifikasikan diri Anda dengan nama dan logo pertanian Anda, jadi bijaklah dalam memilih nama dan logo. Pembeli pun akan mengingat kualitas suatu barang dengan logo atau nama produk. Kualitas produk Anda akan menentukan cap apa yang akan diingat pembeli terhadap produk Anda. Apakah sebagai produk kualitas bagus harga bersaing, atau sebagai produk murah meriah (yang identik dengan kualitas bawah). Apakah sebagai produk terbaru, atau produk yang ketinggalan jaman? Anda bisa menentukannya dari awal dengan perencanaan yang tepat.

Go Digital!

Raih Sukses Memasarkan Panen Anda

Pelajari dan ketahui beberapa hal penting dalam dunia digital atau pemasaran dalam dunia online. Buatlah sebuah akun digital tentang pertanian Anda, dunia bukan hanya sebatas forum di Blackberry saja, kembangkan promosi Anda mulai dari Twitter, Instagram, hingga Facebook. Jika Anda telah memilikinya, maksimalkan potensi penggunaannya. Mungkin Anda tidak banyak tahu mengenai fitur-fitur yang bisa meningkatkan potensi penjualan Anda. Bagikan foto dan video yang baik mengenai pertanian dan produk Anda. Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon pembeli di akun media sosial Anda. Jika memungkinkan, ikuti kelas atau kursus tentang bisnis online untuk bisa sukses berjualan.

Perluas Pasar Anda.

Jangan ragu untuk mencoba kemungkinan dalam memperluas jaringan pasar Anda. Jika Anda percaya bahwa produk Anda unggulan, maka biarkan produk tersebut yang berbicara. Anda bisa menampilkan produk Anda di acara-acara mingguan di area sekitar pertanian Anda. Tampilakn dengan baik produk Anda di cara-acara seperti pasar mingguan, pameran agrikultur, atau bahkan olahraga/senam santai di hari Minggu pagi. Ikut dalam komunitas pertanian pun bisa membantu meningkatkan perluasan jaringan pemasaran Anda. Jika pembeli senang, maka produk Anda diterima dengan baik oleh mereka. Pastikan mereka tahu kemana mereka harus membelinya lagi, berikan kartu nama atau tempelkan stiker kecil yang berisi informasi nomer telepon yang bisa dihubungi, alamat website/media sosial Anda, atau bahkan alamat pertanian Anda pada kemasan produk pertanian Anda.

Berikan Sampel atau Contoh Produk.

Berikan dan bagikan contoh produk Anda. Ini untuk membuktikan bahwa produk Anda adalah produk yang calon pembeli butuhkan. Pembagian contoh produk yang baik akan memabantu mendatangkan pembeli. Bagikan contoh produk Anda di acara-acara yang telah disebutkan diatas, atau kepada tetangga dimana Anda tinggal. Biarkan mereka mengingat bahwa Anda menjual produk bagus yang mereka butuhkan.

Membangun Relasi.

Raih Sukses Memasarkan Panen Anda

Buatlah masyarakat berpikir bahwa Anda penjual yang mudah dihubungi. Jawablah setiap email yang masuk, setiap telpon yang masuk, balas setiap pesan yang datang atau jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan baik ketika Anda menggelar produk dagangan Anda di sebuah acara pameran. Cari tahu juga informasi tentang calon pembeli Anda, seperti kebiasaan mereka membeli produk yang serupa dengan produk Anda, dimana mereka membelinya, berapa harganya, apa yang mereka butuhkan, di area mana mereka tinggal. Ini tidak saja meningkatkan penjualan Anda, namun pelanggan pun merasa dihargai dan merasa “dekat” dengan pertanian Anda. Jangan takut untuk menerima kritik dan saran yang membangun tentang produk Anda dari masyarakat.

Bangun Koneksi.

Konsumen senang mengetahui darimana asal makanan yang mereka makan, ajaklah mereka untuk mendatangi pertanian Anda. Atur jadwal secara berkala untuk masyarakat bisa melakukan tur ke pertanian Anda. Dengan begitu, mereka bisa melihat, dan merasakan sebuah pengalaman lebih tentang pertanian Anda. Ajaklah mereka untuk berdiskusi ringan tentang hal-hal positif dari pertanian Anda, jangan sampaikan keluhan Anda tentang merosotnya harga jual, kendala dengan pemerintah dan hal-hal semacamnya, ini akan memberi energi negatif dan menurunkan kepuasan pembeli yang tadinya sudah terbentuk. Buatlah pembeli merasa senang dengan membeli dan mengkonsumsi produk pertanian Anda, dengan cara ini, Anda tak hanya mengajarkan mereka tentang pertanian dan makanan, tetapi juga berhasil membuat pelanggan untuk seumur hidup. 🙂

Ini adalah beberapa saran untuk Raih Sukses Memasarkan Panen Anda dan meningkatkan pemasaran dan penjualan produk pertanian Anda. Tetaplah produktif dan berkreasi.

, ,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter