Raup Untung dengan Menyewakan Lahan Peternakan Lele

21 March 2017 - Kategori Blog

Raup Untung dengan Menyewakan Lahan Peternakan Lele

Sewakan lahan tidur Anda untuk proyeksi peternakan lele. Selain mendapatkan keuntungan dari penyewaan lahan, Anda pun bisa mempelajari budidaya ikan lele ini tanpa harus meninggalkan pekerjaan Anda. Penyewaan lahan properti bukanlah hal baru di Indonesia, namun penyewaan lahan untuk budidaya mungkin masih asing untuk kebanyakan orang. Apa yang membedakannya? Penyewaan lahan peternakan ikan menjadi mungkin dan akan menguntungkan sejalan dengan infrastruktur yang Anda bangun di dalamnya. Berikut adalah Raup Untung dengan Menyewakan Lahan Peternakan Lele

RAUP UNTUNG DENGAN MENYEWAKAN LAHAN PETERNAKAN LELE

Mari simak caranya  Menyewakan Lahan Peternakan Lele :

  1. Pelajari Lahan Anda. Pelajari informasi akan syarat kebutuhan peternakan lele dan kecocokan syarat tersebut dengan kondisi lahan Anda.
  2. Bangunlah hal-hal utama terkait modal awal sebuah peternakan lele, yakni: sumber air dan sistem pompa, saluran pembuangan air, tata kolam, bangunan pendukung dan aliran listrik.
  3. Beritakan dengan baik dan benar tentang potensi lahan Anda untuk dijadikan kolam budidaya lele yang menguntungkan. Pemberitaan online selain menghemat biaya, bisa juga meningkatkan kesuksesan Anda.

Perhatian Khusus untuk  Menyewakan Lahan Peternakan Lele :

  • Pastikan pembangunan infrastruktur terkait dengan 3 unsur: Menguntungkan Dua Pihak, Kualitas Baik, dan Tepat Guna.
  • Pertimbangkan untuk membuat kolam terpal atau bak plastik. Karena lebih mudah, tahan lama, dan tidak mengubah struktur lahan Anda. Pembuatan kolam tanah akan mengubah struktur lahan Anda.
  • Buatlah bangunan pendukung seperti kamar peralatan dan perlengkapan, tower/menara air, rumah kaca untuk pembibitan dan pagar.
  • Belilah material yang tahan lama dan kuat, ini investasi Anda juga. Semakin betah dan menguntungkan penyewa lahan, semakin banyak Anda mendapat keuntungan. Katakan jika nantinya Anda membangun lahan tersebut untuk kebutuhan lain, Anda bisa mendaur-ulang material tersebut, contoh: baja ringan, pipa air, dan pompa.

RAUP UNTUNG DENGAN MENYEWAKAN LAHAN PETERNAKAN LELE

Bentuk Penyewaan

  • Penyewaan Seluruh Kolam

Anda dapat menyewakan seluruh kolam lele Anda kepada penyewa. Tentunya dengan membuat perjanjian hukum terlebih dahulu. Perhatikan hal-hal seperti: metode pembayaran, durasi/lamanya masa sewa, penggantian kerusakan pada infrastruktur, dan kondisi-kondisi lainnya. Dalam pembuatan kondisi perjanjian ini, sebaiknya Anda memikirkan juga beberapa kelonggaran bagi penyewa lahan demi keuntungan kedua belah pihak. Mereka pun punya beban yang tak sedikit kala menjalankan peternakan mereka nantinya.

Lakukan pengecekan lahan Anda secara berkala, salah satunya untuk memastikan tidak ada bangunan baru yang dibangun penyewa diluar ijin dari Anda. Pastikan Anda tidak ingin membangun sesuatu yang lain di lahan tersebut selama masa sewa dalam kontrak.

  • Penyewaan Sebagian Lahan

Penyewaan sebagian lahan Anda bisa dilakukan apabila Anda telah memulai dan memiliki peternakan lele juga; atau setidaknya Anda hidup di area lahan yang sama atau dekat untuk memonitor aktivitas di lahan Anda tersebut.

Sebaiknya Anda menyewakan bagian tanah yang sudah terdapat kolam diatasnya, Karena jika tidak, maka penyewa akan membangun infrastruktur kolam yang nantinya membuat mereka merasa menjadi “penanam saham/investasi” di lahan Anda. ini bisa menjadi masalah di kemudian hari.

  • Penyewaan Kolam

Anda dapat menyewakan kolam jika Anda memiliki banyak kolam ikan lele yang tidak terpakai. Penyewa mendapat keuntungan juga, yakni menggunakan struktur kolam Anda dan juga mendapat pengalaman dari Anda. Namun, tetaplah berhati-hati dalam menerima penyewa lahan, karena Anda akan beternak berdampingan. Pastikan Anda yakin calon penyewa adalah orang yang tidak akan mencuri isi kolam Anda, merusak kolam Anda, atau bahkan mensabotase peternakan lele Anda. Penting untuk mengetahui karakter calon penyewa.

Jika Anda menemukan penyewa yang tepat, janganlah ragu untuk menawarkan mereka penambahan kolam. Semakin banyak kolam yang dibangun, maka kesempatan mereka menambah hasil panenan semakin besar, dan keuntungan Anda pun meningkat. Di pengalaman lainnya, Anda pun bisa menyewakan kolam Anda kepada seseorang yang ingin beternak lele, minim keahlian, namun memiliki pendanaan yang lumayan, tawarkan kepada mereka kolam Anda dan juga keahlian atau pengawasan Anda untuk kolam mereka, sehingga selain mereka mendapat ilmu dan pengalaman Anda, potensi kesuksesan panen kolam penyewa pun meningkat.

  • Menjual Seluruh Lahan Anda

Jika suatu saat Anda ingin berhenti dari beternak lele, jual lahan Anda kepada para peternak lele. Tanah yang telah memiliki infrastruktur peternakan lele akan meningkat harganya ketika dijual kepada pembudidaya lele juga. Pebangunan yang Anda buat akan menarik minat para calon pembeli lahan yang menjalani usaha serupa.

 

Semoga artikel ini membantu teman-teman sekalian.

 

Happy Farming….

 

Dok: e-wak.com

, ,